info@nusasecurity.com (021) 8430 5314

Maintenance Support

MANTENANCE ALAT ALAT TEKNOLOGI KEAMANAN

Alat keamanan itu bukan pajangan.

Banyak yang belum menyadari mengenai tujuan utama pemasangan alat-alat kemanan secara benar, banyak pihak yang setelah selesai memasang alat-alat keamanan dibiarkan begitu saja dan mengira bahwa alat-alat tersebut bisa bekerja dengan baik hanya dengan asumsi alat tersebut terpasang dan menyala. Alat kemanan bukan asal nyala tapi harus berfungsi

Jangan sampai begitu ada kejadian alat kemanan tidak bekerja dengan baik.

Baru kemudian kalau ada kejadian kita baru sadar alat-alat kemanan yang kita pasang tidak berfungsi, contoh nyata dari beberapa kasus dilapangan ada kejadian kemalingan, begitu dicek rekaman cctvnya ternyata nggak ada alias alat rekamnya tidak berfungsi dengan baik. Ada kejadian kemalingan lain, maling bisa masuk keruangan padahal ruangan tersebut sudah dipasang alarm system, yang seharusnya kalau ada maling masuk sirine berbunyi, seteleh dicek ternyata baru ketahuan bahwa panel alarmnya rusak sehinggak tidak bekerja dengan baik. Kalau sudah begitu buat apa pasang alat-alat keamanan kalau tidak berfungsi.

Alat keamanan merupakan barang elektronik ada umur pakai perlu pemeliharaan.

Alat-alat teknologi keamanan merupakan barang elektronik yang tentunya memiliki umur pakai, yang secara umum rata-rata umur pakai barang elektronik adalah 5 tahun, artinya setelah 5 tahun alat tersebut harus diganti atau diperbaharui. Selain itu barang elektronik juga sangat sensitive terhadap berbagai gangguan yang menyebabkan alat tersebut bisa rusak, seperti gangguan petir yang bisa membuat alat short bahkan terbakar, karena gangguan cuaca yang ekstrem, karena kotoran dan lain-lain. Untuk itu alat-alat elektronik perlu dilakukan pemeliharaan secara rutin agar senantiasa bekerja dan berfungsi dengan baik.

Pentingnya kontrak maintenance dengan perusahaan.

Anda memerlukan kontrak maintenance dengan perusahaan yang bisa memberikan support untuk pekerjaan maintenance alat-alat keamanan, kenapa perlu kontrak maintenance? Salah satunya adalah agar supaya alat-alat kemanan Anda secara rutin terpelihara sehingga bisa berfungsi dengan baik, dan jika suatu saat Kita mengalami kejadian sehingga memerlukan support datang dengan segera, tentunya kita akan lebih mudah menghubunginya dan juga tentunya dengan adanya kontrak maintenance kita akan menerima layanan prioritas.

Berikut ini beberapa layanan support maintenance alat-alat kemananan yang kami sediakan untuk Anda , layanan maintenance terbagi menjadi dua yaitu perawatan (prepentive maintenance) dan perbaikan.

Maintenance CCTV

Komponen utama dari perangkat CCTV maupun IP camera terdiri dari DVR/NVR (Alat rekam),tempat penyimpanan (Hardisk) biasaya menyatu dengan DVR, Kamera (Termasuk bracketnya), Monitor, dan jaringan kabel termasuk konektornya. Hal yang paling harus di perhatikan dalam perawatan CCTV adalah Kebersihannya, Semua komponen yang ada tidak bisa terbebas dari yang namanya kotoran atau debu. Hal yang paling sering mengakibatkan kotor pada komponen CCTV ini adalah debu, Kotoran atau debu inilah yang dapat mengakibatkan kinerja dari sistem CCTV berkurang bahkan mengalami kerusakan.

Faktor lainnya adalah gangguan dari binatang seperti tikus atau semut yang biasanya mengganggu atau memutus jaringan kabel.

Dan yang cukup fatal dan sering terjadi adalah ganguan cuaca dan petir yang bisa mengakibatkan perangkat cctv short atau malah kebakar, untuk hal ini perlu diantisipasi dengan pemasangan grounding anti petir yang baik

Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah pemeriksaan semua komponen CCTV mulai dari DVR sampai kabel maupun koneksi. kemudian periksa kamera, maupun braket penunjang, diteruskan dengan sasaran kamera apakah masih fokus ke tujuan ataukah bergeser, periksa kelengkapan kamera semua braket dan baut klem dengan saksama.

Berikut ini Standard Operasional procedure pemeliharaan rutin (prepentive Maintenance) yang biasa kami lakukan per 3 bulan sekali atau sesuai permintaan yang kami berikan untuk customer :

Inspeksi Kunjungan Rutin

  • Melakukan komunikasi dan mencatat beberapa masalah atau problem dengan Operator atau user CCTV.
  • Melakukan inspeksi visual dari semua komponen utama (termasuk kabel dan koneksi ).

Pemeriksaan dan Pemeliharaan kamera

  • Pemeriksaan Kamera dari kerusakan yang disebabkan oleh debu, hujan dan korosi.
  • Pemeriksaan kualitas view kamera.
  • Pemeriksaan baut kelengkapan pada braket kamera.
  • Pemeriksaan Fokus Lensa Camera agar bekerja dengan baik
  • Pemeriksaan Cover Camera
  • Membersihkan Housing Camera apabila diperlukan.
  • Pemeriksaan IR Camera.

Pemeriksaaan dan Pemeliharaan DVR/NVR (alat rekam)

  • Pemeriksaan tanggal.
  • Pemeriksaan Kapasitas Penyimpanan Rekaman.
  • Pemeriksaan seluruh fungsi alat rekam bekerja dengan baik

Final Check Laporan

  • Memberikan solusi permasalahan yang ditanyakan oleh Customer, jika ada kerusakan alat yang harus diganti, maka segera mengajukan penawaran untuk biasa jasa dan biaya peralatannya.
  • Mendokumentasikan hasil pemeriksaan secara teratur dan melaporkannya kepada pihak terkait

Maintenance Alarm System

Komponen utama dari alarm system adalah panel alarm, yang merupakan central atau otaknya alarm system, komponen lainnya berupa sensor-sensor yang merupakan trap atau input signal dengan kondisi tertentu ke panel, misalnya sensor pintu dimana jika dalam keaadaan alarm system aktif kemudian pintu yang terpasang sensor dibuka maka panel akan menggap ada intruder atau gannguan sehingga panel akan menyalaran komponen lain yaitu alarm.

Dalam hal pemeliharaan alarm system sering mengalami gangguan adalah komponen sensor baik karena sensor rusak atau sensor tidak terhubung ke panel.

Pemeliharaan system alarm sangatlah penting, karena alarm system sifatnya mencegah terjadinya tindak kejahatan terjadi jadi harus selalu siap 24 jam kondisi aktif dan berfungsi.

Berikut ini Standard Operasional procedure pemeliharaan rutin (prepentive Maintenance) alarm system yang biasa kami lakukan per 3 bulan sekali atau sesuai permintaan yang kami berikan untuk customer :

Inspeksi Kunjungan Rutin

  • Melakukan komunikasi dan mencatat beberapa masalah atau problem dengan Operator atau user alarm system.
  • Melakukan inspeksi dan simulasi kerja alarm system .

Pemeriksaan dan Pemeliharaan sensor

  • Pemeriksaan sensor-sensor dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca, binatang dan lainya.
  • Pemeriksaan power pada sensor, jika menggunakan batrai dicek apakah batrai masih cukup atau tidak
  • Pemeriksaan fungsi dari sensor apakah masih bekerja dengan baik atau tidak

Pemeriksaaan dan Pemeliharaan Panel Alarm system

  • Pemeriksaan setting panel
  • Tes koneksi antara panel dengan sensor
  • Test koneksi antara panel dengan sirine

Final Check Laporan

  • Memberikan solusi permasalahan yang ditanyakan oleh Customer, jika ada kerusakan alat yang harus diganti, maka segera mengajukan penawaran untuk biasa jasa dan biaya peralatannya.
  • Mendokumentasikan hasil pemeriksaan secara teratur dan melaporkannya kepada pihak terkait

Maintenance Access Control

Access control ada yang dipasang secara tunggal ada juga yang dipasang secara terintegrasi, artinya beberapa access pintu terhubung ke sebuah panel utama.

Komponen utama access control terdiri dari panel utama, komponen lock, reader atau tombol on/off. Dalam hal maintenance harus dipastikan semua komponen bekerja dan berfungsi dengan baik

Berikut ini Standard Operasional procedure pemeliharaan rutin (prepentive Maintenance) Access Control yang biasa kami lakukan per 3 bulan sekali atau sesuai permintaan yang kami berikan untuk customer :

Inspeksi Kunjungan Rutin

  • Melakukan komunikasi dan mencatat beberapa masalah atau problem dengan Operator atau user Access Control.
  • Melakukan inspeksi dan simulasi kerja Access Control .

Pemeriksaan dan Pemeliharaan Komponen Access Control

  • Pemeriksaan komponen-komponen dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca,binantang dan lainnya.
  • Pemeriksaan power pada komponen, jika menggunakan batrai dicek apakah batrai masih cukup atau tidak
  • Pemeriksaan fungsi dari komponen apakah masih bekerja dengan baik atau tidak

Pemeriksaaan dan Pemeliharaan Panel Utama Access Control

  • Pemeriksaan setting panel
  • Tes koneksi antara panel dengan komponen-komponen lain

Final Check Laporan

  • Memberikan solusi permasalahan yang ditanyakan oleh Customer, jika ada kerusakan alat yang harus diganti, maka segera mengajukan penawaran untuk biasa jasa dan biaya peralatannya.
  • Mendokumentasikan hasil pemeriksaan secara teratur dan melaporkannya kepada pihak terkait

Segera hubungi kami untuk konsultasi dan survey : (021) 8430 5314

Sales 1
Sales 2